Backpacker Ke Kelimutu dan Wologai Dengan Motor

Kali ini kami akan berbagi cerita dari Yanuar tentang perjalanannya mengunjungi Danau Kelimutu dan Kampung Wologai ; kampung adat orang Lio dengan menggunakan motor. Perjalanan ini baru dilakukan pada bulan April 2017. Berawal dari nongkrong – nongkrong di cafe dan membahas soal jalan – jalan akhirnya kami memutuskan untuk melakukan perjalanan mengunjungi Danau Kelimutu dan Wolotopo. Awalnya kami hanya penasaran dengan Kampung Wologai karena Kami sudah mengunjungi Kelimutu beberapa kali.
Keesokan harinya sekitar jam 08:00, kami berangkat dari Kota Ende menuju Kampung Wolotopo. Perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam. Rute yang kami lalui adalah jalur Trans Flores Ende – Maumere, melewati Km. 19 yang beberapa tahun lalu sempat putus jalannya, Detusoko dan Desa Wologai. Terdapat pertigaan dari jalan utama menuju Kampung Wologai. Dari pertigaan sekitar 2km anda akan menemui plang bertuliskan Selamat Datang di Kampung Tradisional Wologai. Terdapat area parkir kendaraan dan pos UPTD Dinas Pariwisata untuk registrasi.
Setelah registrasi dan mendapatkan informasi mengenai aturan d Kampung WOlogai, kamipun langsung menuju Kampung Wologai.
Di depan Kampung terdapat sebuah Pohon Beringin besar dengan akar mencuat dari tanah dan kelihatan sangat kuat dan kokoh. Waktu itu kami berkunjung siang hari, sehingga tidak begitu ramai. Beberapa rumah terlihat sepi karena penduduk setempat sedang berada di kebun.
Ketika kami berjalanan ke bagian utara kampung, kami melihat beberapa orang sedang berkumpul dan ketika bertanya ternyata mereka akan membangun rumah adat bar. Kami sangat beruntung, kami berbincang – bincang dengan beberapa orang dan mendapatkaninformasi bahwa kampung ini sudah empat kali terbakar. Selain itu kami juga bertemu dengan mosalaki; kepala suku kampung Wologai. Dia bercerita banyak mengenai kampung Wologai. Ketika kami hendak pamit, mereka menawarkan kami untuk makan bersama karena adat orang flores, tidak boleh menolak kau makanan sudah disediakan. Akhirnya kami makan bersama dan pamit untuk melanjutkan perjalanan menuju Danau Kelimutu.

Bersambung…..