Pantai Waijarang Di Lembata

Pantai Waijarang terletak di Kabupaten Lembata – Provinsi Nusa Tenggara Timur – Indonesia. yang berjarak sekitar 30 menit dari Pusat Kota Lewoleba. Dar kejauhan tampak savannah serta kumpula hutan bakau. Pantai Waijarang memiliki keindahan landscape yang sangat menawan serta deburan ombak yang cukup kuat. Selain itu daya tarik utamanya yaitu keindahan bawah laut di Pantai Waijarang. Pada Tahun 2010 lalu telah melaksanakan satu kegiatan penting yaitu mengambil data potensi bawah laut Kabupaten Lembata. Ada beberapa titik yang diambil dan salah satunya adalah Pantai Waijarang Kabupaten Lembata. Hasil yang tak terduga, walaupun di beberapa titik mengalami kerusakan namun ternyata menyimpan pesona yang Indah dan Menawan.
Melihat kenyataan yang ada bahwa selama ini Pemerintah dan DPRD sangat antipati dalam pengembangan Potensi pariwisata Kabupaten Lembata, maka hasil penelitian tersebut dapat menjadi data penting yang bisa mendorong pemerintah daerah Lembata untuk mengembangkan potensi ini.
Gebrakan yang telah dilakukan oleh SKPD terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lembata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata harus didukung oleh semua pihak. Dalam hal ini Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, Pihak swasta dan investor perlu diajaka untuk bergandengan tangan mengembangkan potensi ini.
Potensi ini sangat menganggumkan dan jika dikembangkan dengan baik akan menjadi sumber potensi yang handal dalam mendukung pembangunan ekonomi berbasis masyarakat.