Pere Konde Pintu Masuk Arwah di Danau Kelimutu

Pere Konde Pintu Masuk Arwah di Danau Kelimutu

Open trip overland flores labuan bajo komodo 2017

Danau Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu merupakan salah satu destinasi wisata utama ketika mengunjungi Pulau Flores tepatnya berada di Kabupaten Ende. Di Kawasan ini terdapat tiga buah kawah berisi air yang warnanya berbeda antara kawah yang satu dengan kawah yang lainnya. Warna air dalah kawah – kawah tersebut selalu berubah – ubah tanpa bisa diprediksi kapan terjadi perubahan warnanya. Kawah danau Kelimutu memiliki nama yang syarat dengan makna dan terkesan misterius. Tiwu ata polo dipercaya oleh masyarakat Lio tebagai tempat bersemayamnya arwah manusia yang semasa hidupnya berprilaku buruk. Tiwu Nua Muri Koo Fai diyakini sebagai tempat bersemayamnya arwah muda –mudi yang semasa hidupnya berprilaku baik. Sedangkat Tiwu Ata Bupu diyakini sebagai tempat bersemayamnya arwah orang tua yang semasa hidupnya berprilaku baik. Ada juga yang menganalogkan kawah tersebut sebagai Neraka, Surga dan api penyucian.
Menurut kepercayaan masyarakat Lio ( salah satu suku asli kabupaten Ende yang bermukim disekitar danau Kelimutu) arwah yang menuju Kawah tersebut harus melalui sebuah tempat yang disebut Pere Konde.
Pere Konde oleh masyarakat Lio menjadi tempat yang dianggap sacral dan dipercaya sebagai pintu masuk bagi arwah menuju danau kelimutu. Konon, pintu masuk tersebut dijaga oleh seorang prajurit tangguh bernama Konde Ratu. Kepercayaan dan keyakinan ini semakin terasa dan teraktualisasi ketika masyarakat lio melakukan ritual dengan mempersembahkan sesajen diantaranya rokok yang dinayalakan, sirih dan pinang, nasi, daging ayam atau babi. Banyak juga orang yang datang ke tempat ini untuk memanjatkan doa dan permohonan tanpa kata- kata yang terungkap.
Salah satu misteri pere konde adalah ketika ada kunjungan para petinggi ke danau ini tampak cuaca tidak bersahabat dan tidak dapat melihat kawah kelimutu. Tetapi beberapa tokoh di sini memberikan sesajen di tempat Pere Konde seraya memohon agar mereka dapat melihat kawah dan cuacanya bagus dan alhasil mereka dapat mengunjungi dan melihat keindahan danau 3 warna di Kelimutu dengan cuaca yang cerah.