Cagar Alam Wolo Tadho

Letak dan Luas
Kawasan hutan Wolo Tadho adalah salah satu kawasan hutan yang terletak di propinsi Nusa Tenggara Timur, sangat luas dan utuh di sepanjang pesisir barat laut Flores, Secara geografis Hutan Wolo Tadho terletak pada 8°21′ – 8°28′ Lintang Selatan dan 121°00′ – 124°00′ Bujur Timur, dan secara administrasi pemerintahan terletak di Kabupaten Ngada, Kecamatan Riung. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 429/Kpts-II/1992, tanggal 5 Mei 1992 seluas 4.016,80 ha dengan panjang keliling 82 Km, kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi dengan status Cagar Alam (CA).CA Wolo Tadho merupakan tipe ekosistem hutan alam dataran sedang/rendah yang sangat penting bagi daerah tangkapan air bagi untuk daerah sekitarnya.

Topografi
Keadaan topografi Cagar Alam Wolo Tadho terdiri dari dataran yang berbukit-bukit dengan medan berlereng, sedang hingga curam,dengan ketinggian rata-rata 300 m s/d 650 m Dpl. Permukaan lantai hutan terdiri dari batu-batuan dan di dominasi oleh cadas dan pasir.

Iklim
Iklim kawasan Cagar Alam Wolo Tadho dengan curah hujan rata-rata 146 mm/Tahun.Musim hujan pada umumnya terjadi pada bulan November sampai Maret sedangkan musim kemarau antara bulan Mei s/d September.

Lanjutan Cagar Alam Wolo Tadho